RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMPN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester :
VII/1
Materi pokok : Teks Deskriptif “Agnes Monica is my idol”
Alokasi
waktu : 20 Menit
Skill
: Reading
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi
Dasar (KD):
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.8 Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi
orang, binatang,benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan
benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
a. Mendemonstrasikan tentang teks “ Agnes Monica is my idol “ dengan ucapan dan intonasi yang baik.
b. Menuliskan beberapa kalimat sederhana
tentang teks “ Agnes Monica is my
idol”
C.
Materi Pembelajaran :
1. Fungsi sosial
Mendeskripsikan
dan mengidentifikasikan orang
dengan
guru dan teman
2.
Struktur teks
· Menyebutkan nama orang nama bagian yang dipilih untuk
dideskripsikan
· Menyebutkan sifat orang dan bagiannya
· Menyebutkan tindakan orang
3.
Unsur kebahasaan
Ø Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
Ø Kata ganti it,
they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
Ø Kata sifat yang sangat lazim, young, old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired,
tall, short, beautiful, dan semacamnya.
Ø Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin
dalam simple present tense: be, have, go,
play,get, take, dan sebagainya.
Ø Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Ø Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan.
D. Sumber dan media pembelajaran
1.
Sumber : 2013.When English Rings The
Bell.Jakarta.Kemendikbud.
2.
Media : Picture, Hand
out
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah
2.
CTL
Kegiatan
|
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru memberi salam
Ø Guru mengabsen siswa
Ø Guru melakukan
brainstorming dengan siswa
|
5 menit
|
Inti
|
Ø Guru memperlihatkan gambar tentang “Agnes Monica is my
idol”
Ø Guru menjelaskan Gambar “Agnes Monica is my idol”
Ø Guru membagikan
teks rumpang dan membantu siswa mengisi teks tersebut
Ø Guru menyuruh beberapa siswa untuk membaca teks yang
telah di isi tersebut
|
10 menit
|
Penutup
|
Ø Guru dan siswa
membuat kesimpulan tentang Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan orang.
Ø Guru
memberikan tugas berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana
tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka.
|
5
menit
|
F. Penilaian
1. Jenis/teknikpenilaian
a.Aspekpengetahuan
-
Jenis/teknikpenilaian : Tes
tulis
b.
Aspek Ketrampilan
-
Jenis
penilaian : Unjuk kerja
c. Aspek Sikap
-
Jenis
Penilaian : Observasi
c. Bentuk
instrument
i.
Bentuk
: Tes tulis
Please
write the
other descriptive text
d.
Rubrik
Penilaian
Format PenilaianIndividu
A. NamaKegiatan :
____________________________________________
B. TanggalPelaksanaan :
____________________________________________
C. Nama :
____________________________________________
D.
NIS :
____________________________________________
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
|
Knowledge
|
|
||
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
|
|
2
|
Keruntutan
teks
|
|
|
3
|
Pilihan
kosa kata
|
|
|
4
|
Pilihan
Tata Bahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Attitude
|
|
||
1
|
Kerja sama
|
|
|
2
|
Tanggungjawab
|
|
|
5
|
Percaya
diri (confidence)
|
|
|
Writing Skills
|
|
||
1
|
Kesesuaian isi dengan judul
|
|
|
2
|
Keruntutan teks
|
|
|
3
|
Pilihan kosa kata
|
|
|
4
|
Pilihan Tata Bahsa
|
|
|
|
|
|
|
Reading Skills
|
|
||
1
|
Pengucapan ( Pronounciation)
|
|
|
2
|
Intonasi ( Intonation )
|
|
|
3
|
Kelancaran ( Fluency )
|
|
|
4
|
Ketelitian ( Accuracy )
|
|
|
|
|
||
Total
|
|
||
Rata-Rata
|
|
||
b.
Pedoman
penskoran
i.
Untuk tes tertulis:
-
Untuk setiap
jawaban benar = 1
-
Jawaban kurang
benar = 1
-
Jawaban salah = 0,5
-
Tidak menjawab = 0
Nilai = jumlah score X 10
6
ii.
Untuk tes lisan
-
Skala penilaian
dibuat rentang dari 1 s.d 5.
-
Penafsiran angka:
b. 2 = kurang
c. 3 = cukup
d. 4 = baik
e. 5 = amat baik
Dosen
Nursina,S.
Pd, M. Pd
|
|
Gle Gapui, November 2014
Filza Rahezda
13101311006
|
0 komentar:
Posting Komentar