About

Most Popular

Selasa, 05 Mei 2015

Rpp Bahasa Inggris Teks Procedure

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama satuan pendidikan                 : SMPN
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Inggris
Kelas/semester                                   : VII/1
Materi pokok                                     : Teks Deskriptif  “Agnes Monica is my idol”
Alokasi waktu                                    : 20 Menit
Skill                                                    : Reading

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



B.  Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi       interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.8 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang,benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
a.    Mendemonstrasikan  tentang teks “ Agnes Monica is my idol “  dengan ucapan dan intonasi yang baik.
b.    Menuliskan beberapa kalimat sederhana tentang teks “ Agnes Monica is my idol”



C.  Materi Pembelajaran      :
1.  Fungsi sosial
Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan orang dengan guru dan teman
2.    Struktur teks
·      Menyebutkan nama orang nama bagian yang dipilih untuk dideskripsikan
·      Menyebutkan sifat orang dan bagiannya
·      Menyebutkan tindakan orang

3.    Unsur kebahasaan
Ø Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
Ø Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
Ø Kata sifat yang sangat lazim, young, old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
Ø Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
Ø Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Ø Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

D. Sumber dan media pembelajaran
1.      Sumber            : 2013.When English Rings The Bell.Jakarta.Kemendikbud.
2.      Media              : Picture, Hand out

E.  Metode Pembelajaran
1.         Metode Ilmiah
2.         CTL
                                 
Kegiatan

Alokasi waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Guru mengabsen siswa
Ø  Guru melakukan brainstorming dengan siswa

5 menit
Inti

Ø  Guru memperlihatkan gambar tentang “Agnes Monica is my idol”
Ø  Guru menjelaskan Gambar “Agnes Monica is my idol
Ø  Guru membagikan teks rumpang dan membantu siswa mengisi teks tersebut
Ø  Guru menyuruh beberapa siswa untuk membaca teks yang telah di isi tersebut

10 menit


Penutup

Ø  Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan orang.
Ø  Guru memberikan tugas berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka.


5 menit


F. Penilaian
1. Jenis/teknikpenilaian
a.Aspekpengetahuan
-        Jenis/teknikpenilaian      : Tes tulis

b. Aspek Ketrampilan
-        Jenis penilaian : Unjuk kerja

c.  Aspek Sikap
-        Jenis Penilaian : Observasi

c. Bentuk instrument
                                                                                                  i.      Bentuk :  Tes tulis
Please write the other descriptive text

d.          Rubrik Penilaian

Format PenilaianIndividu
A.    NamaKegiatan                  : ____________________________________________
B.     TanggalPelaksanaan          : ____________________________________________
C.     Nama                                 : ____________________________________________
D.    NIS                                   : ____________________________________________ 
No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Knowledge

1
Tujuan Komunikatif

2
Keruntutan teks

3
Pilihan kosa kata

4
Pilihan Tata Bahasa







Attitude

1
Kerja sama

2
Tanggungjawab

5
Percaya diri (confidence)

Writing Skills

1
Kesesuaian isi dengan judul

2
Keruntutan teks

3
Pilihan kosa kata

4
Pilihan Tata Bahsa




Reading Skills

1
Pengucapan ( Pronounciation)

2
Intonasi ( Intonation )

3
Kelancaran ( Fluency )

4
Ketelitian ( Accuracy )



Total

Rata-Rata


b.      Pedoman penskoran
                                                                                                  i.      Untuk tes tertulis:
-          Untuk setiap jawaban benar = 1
-          Jawaban kurang benar = 1
-          Jawaban salah = 0,5
-          Tidak menjawab = 0
Nilai = jumlah score X 10
                            6


                                                                                                ii.      Untuk tes lisan
-        Skala penilaian dibuat rentang dari 1 s.d 5.
-        Penafsiran angka:
a.1  = sangat kurang
b. 2 = kurang
c. 3 = cukup
d. 4 = baik
e. 5 = amat baik









Dosen



Nursina,S. Pd, M. Pd







Gle Gapui,    November 2014



Filza Rahezda
13101311006







0 komentar:

Posting Komentar