About

Most Popular

Kamis, 07 Mei 2015

MAKALAH ANATOMI TANAMAN MANGGA

PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Mangga(manggifera indica)bukan tanaman asli indonesia, mangga yangberkembang di indonesia di duga berasal dari india. Dari india mangga diduga menyebarke semenanjung Malaysia dan sekitarnya. Penyebaran itu karena di bawa pedagang indiadan penyebaran agama hindu dan budha. Sekitar abad ke empat atau kelima dari masehi(Irwanto, 2008)Tanaman mangga memiliki pohon yang tingginya mencapai 10 m30 m ataulebih dan umurnya dapat mencapai puluhan tahun. Batangnya tumbuh tegak, kokoh,berkayu dan berkulit agak tabal yang warnanya abu-abu kecoklat-coklatan, pecah-pecahserta mengandung cairan semacam damar. Percabangannya banyak yang tumbuh kesegala arah dan tampak rimbun. Daun tumbuh tunggal pada ranting., letaknya berselang-seling, dan bertangkai panjang. Bentuk daun panjang-lonjong dengan bagian ujungmeruncing. Permukaan daun sebelah atas berwarna hijau tua, sedangkan permukaansebelah bawah berwarna hijau muda. Bunga mangga tersusun dalam rangkaian bunga(malai). Tiap malai terdapat bunga dalam jumlah yang sangat banyak, yakni sekitar 1.0006.000 kuntum, namun bunga yang berkembang menjadi buah sangat sedikit ± 1%.(Hariyanto, 2008)Di Indonesia dikenal 3 jenis golongan mangga yang tersebar luas di golongannusantara, yaitu terdiri dari:
1.Bacang atau kweni kebembem (Manggifera foetida lour) jenis mangga inibuahnya banyak berserat, rasanya masam dan buah muda tidak enak dimakan.

2.Kemang (Manggifera caesia jack) mangga jenis ini buahnya berbentuk bulatpanjang, kulit buah berwarna kuning keabu-abuan sampai kecoklat-coklatandan rasanya amat masam.3.

Mangga atau manggo (Manggifera indica L) mangga jenis ini palin banyak dibudidayakan karena memiliki varietas atau kultivar. Pada umumnya mangga jenis ini memiliki kelebiahan dari bacang dan kemang, yaitu rasanya manisatau sedikit asam menyagarkan dan tidak banyak berserat. (Irwanto, 2008)

BAB II
PEMBAHASAN

A.   ANATOMI BATANG
Struktur Anatomi batang tumbuhan dikotil terdiri yaitu kulit kayu, kayu dan empulur. Empulur sangat sulit ditemukan pada batang kayu yang sudah tua. Bagian terluar dari batang tumbuhan dikotil adalah kulit kayu yang terdiri atas jaringan epidermis, kambium gabus, korteks, dan floem. Felogen dapat ditemukan di bagian bawah epidermis.
Pada kulit batang, terdapat bagian yang tidak tertutupi oleh lapisan gabus. Bagian tersebut dinamakan lentisel. lentisel berfungsi sebagai tempat terjadinya peristiwa penguapan dan pertukaran gas.
Selain jaringan epidermis dan gabus, pada batang dijumpai pula jaringan parenkima, kolenkima, sklerenkima, floem dan xilem. Berkas pembuluh floem letaknya berdampingan dengan pembuluh xilem. Diantara berkas pembuluh xilem, dan floem, terdapat kambium pembuluh (kambium vaskular). kambium pembuluh merupakan bagian yang memisahkan kulit kayu dengan kayu (Xilem).
Jika letak floem dan xilem berdampingan, ikatan pembuluh yang terletak dinamakan ikatan kolateral. Tipe ikatan kolateral tertutup. pada ikatan kolateral terbuka terdapat Kambium diantara berkas pembuluh. Adapun ikatan kolateral tertutup tiak terdapat kambium diantara berkas pembuluh.
Batang dikotil memiliki struktur khas. Batang dikotil muda dan batang dikotil tua memiliki struktur yang sedikit berbeda. Kayu tersususn atas trakea. Trakea merupakan saluran-saluran yangterbentuk oleh sel-sel yang telah mati dan bagian ujung-ujungnya saling menyambung. Saluran tersebut berfungsi menyalurkan air dan garam mineral dari akar ke daun. Pada kayu terdapat juga trakeid yang bentuk selnya memanjang, ujung-ujungnya runcing, dan ukurannya kecil daripada trakea. Trakeid berfungsi sebagai penyokong atau memperkuat batang.
Pembelahan sel kambium vaskular ke arah dalam memebentuk kulit kayu. Aktivitas pembentukan kayu lebih aktif daripada pembentukan kulit kayu. Aktivitas tersebut mengakibatkan bagian kayu lebih besar daripada kulit kayu. Hal inilah yang menyebabkan pada kulit kayu sering terjadi pengelupasan.
Pembentukan kayu oleh kambium pada musim hujan lebih aktif dan menghasilkan sel-sel yang lebih besar daripada musim kemarau. Akibatnya, timbul batas perbedaan pada kedua aktifitas pembentukan kayu, dinamakan lingkaran dalam. Dinegara yang memiliki 4 musim, stiap tahunnya akan didapatkan 4 batas lingkaran tahun.
Empulur adalah jaringan parinkima yang berfungsi menyimpan makanan cadangan. Empulur ditemukan pada batang yang muda. Empulur tidak ditemukan pada batang yang tua karena empulur semakin hilang sejalan dengan pertambahan diameter batang.


     B.Struktur Anatomi Batang Dikotil

Fungsi empulur, Anatomi kacang tanah, struktur batang, struktur anatomi kacang tanah, morfologi ikan gabus, makalah anatomi batang, anatomi bawang merah, struktur cyanobacteria, struktur anatomi buah dan biji, anatomi batang dikotil



                                                                                             





GAMBAR 1: Anatomi buah
GAMBAR 2 : Struktur anatomi batang                mangga













0 komentar:

Posting Komentar